Diskes Pekanbaru Sebut Total Vaksin Covid-19 Capai 4.000 Vial

  • Whatsapp

Pekanbaru(Akuratpos). Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru sudah memastikan jika ketersediaan vaksin Covid-19 saat ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi masal, yang digelar Rabu (19/5). Penyuntikan vaksin secara masal ini ditargetkan bakal diikuti sekitar 10.000 warga Kota Pekanbaru.

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi Saragih mengatakan, bahwa jumlah vaksin yang tersedia diinstalasi farmasi saat ini mencapai 4.000 vial.

Bacaan Lainnya

“Kemarin baru masuk 2.000 vial. Ini mencukupi, karena total stok kita di gudang ada 4.000 vial,” terang Zaini, Selasa (18/5).

Menurutnya, satu vial vaksin dapat memenuhi kebutuhan untuk penyuntikan 10 orang. Artinya vaksin yang tersedia saat ini mampu memenuhi kebutuhan hingga 40.000 orang calon penerima vaksin.

Vaksin yang tersedia saat ini, dikatakan Zaini merupakan vaksin jenis Sinovac. Ini bakal di suntikan terhadap empat kelompok prioritas. Diantaranya, tenaga pendidikan, rohaniawan, RT/RW, dan tokoh masyarakat yang termasuk dalam LPM.

“Jadi, vaksin kita sangat mencukupi. Bahkan ini bisa mencukupi untuk penyuntikan vaksin tahap II,” jelasnya.

Ditambahkan Zaini, untuk persiapan vaksinasi masal sendiri sudah rampung. Pemko Pekanbaru menyiapkan tiga tempat vaksinasi, diantaranya Gelanggang Remaja, Hotel Novotel, dan Hotel Furaya.

Untuk vaksinator dan tenaga kesehatan pembantu, pemerintah kota juga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan swasta mengingat target jumlah penerima vaksin yang cukup banyak.

“Karena kita mau mengejar target 70 persen penduduk Pekanbaru yang harus sudah divaksin sampai akhir tahun ini,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *