Pencapaian Vaksinasi Covid-19 Masih Rendah, Ini Yang Akan Dilakukan Diskes Pekanbaru

  • Whatsapp

Pekanbaru(Akuratpos). Vaksinasi Covid-19 tahap awal bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kota Pekanbaru sudah berlangsung selama satu bulan. Namun, hingga saat ini pelaksanaannya masih belum tuntas bahkan terbilang rendah. Untuk itu, Satgas Covid-19 Pekanbaru melalui Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, melakukan percepatan penyuntikan vaksin bagi nakes calon penerima vaksin.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Muhammad Noer mengatakan, bahwa pihaknya telah meminta fasilitas kesehatan (faskes) untuk segera menuntaskan vaksinasi bagi nakes yang bertugas di tempat mereka.

Bacaan Lainnya

“Kita bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau sudah melakukan pengecekan di masing-masing faskes di Kota Pekanbaru. Dari hasil itu, mereka meminta bagi masing-masing faskes untuk segera menuntaskan vaksinasi bagi nakesnya. Intinya dalam 2 hari ini (vaksinasi nakes) dipercepat kalau tak bermasalah,” kata M Noer, Rabu (10/2).

M. Noer juga meminta faskes untuk mengelompokkan sejumlah nakes penerima vaksin. Bagi nakes yang bermasalah, diminta masukan ke dalam kelompok komorbid. Karena nakes yang masuk data komorbid tidak mungkin ditunggu untuk divaksinasi.

“Untuk percepatan vaksinasi itu, kita sudah membuat komitmen dengan masing-masing faskes agar segera menuntaskan atau menyelesaikan nakes yang belum vaksinasi tahap pertama,” tegasnya.

Dijelaskannya, penegasan vaksinasi ini hanya untuk tahap pertama. Hal itu karena proses vaksinasi tahap kedua akan mengikuti jika sudah melakukan vaksinasi pertama. Bahkan, masing-masing faskes sudah berjanji akan menyelesaikan dalam dua hari ini.

“Janji mereka hari ini sampai besok, semua bisa ngejar kecuali karena kondisi nakesnya yang ditunda,” urainya.

Noer menegaskan, bagi nakes yang komorbid, harus ada keterangan resmi dari rumah sakit independen. Sedangkan untuk nakes ditunda dimungkinkan karena kondisi kesehatan nakes yang belum siap.

“Proses vaksinasi ini didukung dan dilakukan di 21 Puskesmas dan 31 rumah sakit di Pekanbaru,”tutupnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini proses vaksinasi tahap pertama baru berlangsung bagi 8.379 nakes. Jumlah itu masih jauh dari total nakes penerima vaksin 13 nakes yang terdaftar sebagai penerima vaksin di Pekanbaru.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *