Polresta Pekanbaru Musnahkan Sabu 3,6 Kilogram

  • Whatsapp

Pekanbaru(Akuratpos). Kepolisian Resor Kota (Polresta) Pekanbaru, Senin (24/1) siang, lakukan pemusnahan barang haram jenis sabu sebanyak 3,6 kilogram lebih. Narkoba tersebut merupakan barang bukti hasil ungkap kasus peredaran narkotika jaringan internasional.

Pemusnahan barang haram ini dilakukan di Mapolresta Pekanbaru, yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya dan
para perwakilan dari BNNK Pekanbaru, BPOM Pekanbaru, Kejaksaan Negeri Pekanbaru, dan Pengadilan Negeri Pekanbaru serta disaksikan langsung oleh para tersangka.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan barang bukti hasil ungkap kasus, penangkapan tersangka kerjasama Polresta dengan sekuriti bandara SSK II pada 7 Januari 2021 kemarin,” kata Kapolresta saat memimpin ekpos.

Ia mengungkapkan, barang bukti tersebut merupakan sitaan dari tiga tersangka yakni, tersangka MI seberat 963 gram, tersangka M seberat 769,36 gram, dan dari tersangka MM seberat 1.946,28 gram dengan total 3,6 kilogram lebih.

Dijelaskannya, ketiga tersangka merupakan satu jaringan. Saat itu ada delapan tersangka yang diamankan dengan peran masing-masing berbeda.

Mereka adalah, MM, MW, MQ, AF, MI, HE, IW, dan IF. Delapan tersangka ini ditangkap pada waktu dan tempat yang berbeda.

“Kita lebih dulu amankan tersangka MM di Bandara SSKII,” ujarnya.

Saat itu sekuriti bandara mengamankan MM yang tertangkap sekuriti bandara membawa paket narkotika jenis sabu. Sekuriti bandara melaporkan penangkapan ini kepada Satresnarkoba Polresta Pekanbaru.

Satresnarkoba Polresta Pekanbaru mendatangi TKP, dan mendapati dari tersangka MM barang bukti berupa 4 paket sedang narkotika jenis sabu dengan total berat 2.019 gram.

Dengan temuan itu dilakukan pengembangan dan penyelidikan menuju sebuah hotel di Jalan SM Amin. Pada di kamar nomor 214 kembali diamankan tersangka MW dan MQ dalam satu kamar. Saat pengeledahan ditemukan 4 paket besar sabu dengan total berat 1.822 gram.

“Dari keterangan tersangka, sabu ini dibawa dari Dumai. Satresnarkoba kembali melakukan penyelidikan ke Jaringan nya yang di Dumai. Kembali diamankan tersangka AF, dan MI di rumah nya di Dumai,” terang Kapolresta.

Dari tersangka MI didapatkan barang bukti berupa sabu dengan berat 207 gram. Tak berhenti disitu, pengembangan terus dilakukan.

Kemudian di dapatkan 3 tersangka lainnya di Kota Dumai. Yakni tersangka HE, IW, IF dari sebuah wisma Di Dumai.

Dari keterangan ketiga tersangka, HE ini lah orang yang menyuruh mengantarkan paket sabu ini ke tersangka AF, dan kemudian diserahkan ke tersangka yang di Pekanbaru.

Jaringan ini dikendalikan, oleh AN dan TM (orang malaysia) yang menyuruh IW dan IF menjemput sabu di selangor Malaysia yang di simpan dalam sebuah tas.

“Ini komitmen kita bersama, pemusnahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, kita tidak akan pernah memberikan ruang kepada mereka (pelaku) berinteraksi untuk peredaran gelap narkoba di pekanbaru. Narkoba ini musuh bersama, kita berharap sinergi bersama dalam pemberantasan dan peredaran narkoba,” tutup Kapolresta.

Dari pemantauan dilapangan, pemusnahan narkoba jenis butiran kristal putih tersebut dilakukan dengan cara dimasukkan ke dalam air yang dicampur cairan pembersih lantai, dan diaduk hingga mencair.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *